Bahaya Melakukan Penerbangan Malam Hari

Apa Saja Bahaya Melakukan Penerbangan Malam Hari? Penggunaan transportasi udara yang mana semakin tahun semakin bertambah tingkat pertumbuhan penumpang tentu tidak jarang maskapai perusahaan mengadakan jadwal penerbangan pada malam hari.

Lalu Apa Saja Bahaya Melakukan Penerbangan Malam Hari?

Laju pertumbuhan pengguna transportasi udara yang setiap tahunnya bertambah tentu tidak jarang banyak perusahaan maskapai yang mengadakan jadwal penerbangan pada malam hari. Terlebih untuk beberapa rute penerbangan internasional yang memakan waktu tidak sedikit.

Penerbangan pada malam hari tentu membutuhkan tantangan yang tidak sedikit dimana jarak visual seorang pilot akan terbatas. Selain itu waktu malam hari umumnya tubuh manusia akan  melakukan fase istirahat dimana setelah siang harinya seluruh organ manusia bekerja.

Baca Juga : Syarat Masuk Pelatihan Pramugari Pramugara FAAST Penerbangan

Bahaya Melakukan Penerbangan Malam Hari

Pada saat malam hari tentu tidak sedikit sebagian orang yang khawatir akan keselamatan dirinya. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan sebab pilot yang ada tentu sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Penerbangan pada malam hari tentu lebih memiliki resiko dibandingkan penerbangan pada siang hari. Adapun bahaya yang patut diwaspadai ketika penerbangan malam hari antara lain:

Pertama, Kondisi Pencahayaan

Perbedaan antara penerbangan pada siang hari maupun pada malam hari adalah pencahayaan. Ketika penerbangan pada malam hari tentu sumber cahaya bukanlah masalah, sebab pada siang hari cahaya bisa didapatkan dari sinar matahari.

Pencahayaan yang cukup tentu akan memudahkan bagi pilot untuk melihat obyek dengan jelas. Terutama pada saat lepas landas, pilot akan lebih yakin karena bisa melihat panjang lintasan yang akan digunakan. Selain itu pada siang hari, pilot akan lebih jelas dalam navigasi sebab akan ada patokan cakrawala ataupun horison.

Sedangkan apabila penerbangan malam hari tentu pencahayaan relatif terbatas dimana hanya ada cahaya lampu yang akan menerangi. Terlebih ketika lepas landas dan akan mendarat dimana sumber lampu menjadi batas landasan pesawat terbang.

Tentu lampu ini tidak seterang cahaya matahari yang menyinari bumi, ada keterbatasan visual yang mata manusia tentu memiliki keterbatasan sendiri. Oleh karena itu tidak jarang beberapa pilot perlu waspada yang lebih tinggi.

Kedua, Metode Penerbangan Yang Digunakan

Pada penerbangan siang hari umumnya seorang pilot akan menggunakan metode Visual Flight Rules dimana mengandalkan indera penglihatan untuk melihat. Pilot akan bisa jelas melihat seberapa panjang landasan bandara tempat pesawat lepas landas dan akan mendarat di bandara tujuan.

Sedangkan pada malam hari umumnya metode yang digunakan yakni metode Instrument Flight Rules. Pada metode ini seorang pilot akan mengalami keterbatasan sumber cahaya, alhasil tentu mata pilot tidak bisa membedakan dengan jelas dan gamblang.

Baca Juga : Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari Pramugara FAAST Penerbangan

Oleh karenanya pilot akan mengandalkan segala jenis instrumen yang ada dalam kokpit pesawat terbang. Selain itu pilot harus disiplin dalam mematuhi segala regulasi yang ditetapkan oleh CASR. Keselamatan penerbangan tentu tetap menjadi prioritas utama yang harus didahulukan.

Penggunaan metode penerbangan IFR tentu akan mengurangi bahaya penerbangan pada malam hari. Metode ini tentu sudah teruji dan menjadi standarisasi terutama pada penerbangan malam hari.

Jika Anda akan melakukan penerbangan malam hari, maka ada baiknya Anda tidak perlu khawatir dan cemas berlebihan. Pilot pesawat terbang tentu sudah berpengalaman dan memiliki jam kerja yang tidak sedikit.

Bahkan bisa jadi penerbangan malam hari jauh lebih aman dan nyaman dibandingkan Anda melakukan perjalanan darat pada malam hari. Akan tetapi, keselamatan penerbangan tentu menjadi prioritas utama yang harus dipatuhi.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Bahaya Melakukan Penerbangan Malam Hari. Semoga dapat bermanfaat.